Jual beli mobil bekas di Indonesia

Cintamobil com situs otomotif terbesar Indonesia, membantu Anda dalam membeli mobil baru dan bekas dengan harga termurah serta kualitas terbaik

Tips Menjaga Keselamatan Anak Saat Berkendara

Menjaga keselamatan tiap penumpang di dalam mobil merupakan tanggung jawab dari pengendara. Termasuk ketika membawa anak dalam perjalanan. Berikut ada beberapa tips yang harus diperhatikan sebelum berpergian bersama anak.

 

Meski sama-sama harus mengutamakan keselamatan, berbeda berkendara sendirian dengan berkendara bersama anak-anak. Anda hanya menanggung keselamatan diri sendiri jika sendirian. Jika dengan anak-anak, keselamatan mereka juga menjadi tanggung jawab Anda.

Pengendara bertanggung jawab atas keselamatan diri sendiri  dan penumpang di dalamnya. Oleh karena itu, saat berkendara tak boleh asal-asalan dan mengesampingkan aturan lalu lintas yang ada. Terlebih ketika membawa anak. Banyak hal harus dipersiapkan sejak sebelum keberangkatan agar keberadaan mereka di dalam kendaraan tetap aman dan nyaman. Berikut tips menjaga keselamatan anak saat berkendara bersama anak.

>>> Baca juga: Tanpa Rambu Penunjuk, Belok Kiri Jalan Terus Sekarang Tak Berlaku

f:id:cintamobil:20200728160621j:plain

Penting untuk menjaga keselamatan anak selama berkendara

  1. Sediakan makanan dan mainan kesukaan

Bukan rahasia jika sebagian besar anak-anak di kisaran usia balita cenderung aktif. Mereka tidak peduli sedang dimanapun selalu usil ingin tahu banyak hal. Di dalam kendaraan karena pergerakan mereka terbatas akhirnya timbul bosan, tidak bergairah, dan rewel.

Mempersiapkan makanan kecil dan mainan kesukaan bakal sangat membantu. Mereka mereka tenang di sepanjang perjalanan karena asyik bermain.

Jangan terlalu asyik dengan aktivitas sendiri

f:id:cintamobil:20200728160723j:plain

Buat orang tua atau pendamping anak sebaiknya tidak keseringan melakukan hal-hal yang mengalihkan perhatian dari si anak. Misalnya keasyikan merias diri atau bernyanyi mengikuti lagu di perangkat audio mobil. Hal ini untuk mengantisipasi jika anak melakukan hal-hal berbahaya bisa langsung dicegah.

3 Jangan keasyikan main handphone

Sama dengan poin di atas usahakan jangan terlalu asyik main handphone. Baik untuk WA-nan atau lebih-lebih bermain game. Main handphone seringkali membuat perhatian terpusat hanya pada apa yang tengah dimainkan. Akhirnya perhatian terhadap perilaku anak jadi terabaikan.

>>> Selain Rambu-rambu, Waspadai 5 Hal Berikut Saat Mengemudi di Jalan Tol

4 Pastikan posisi duduk nyaman

f:id:cintamobil:20200728160815j:plain

 

Salah satu yang membuat anak tidak nyaman di dalam kendaraan adalah posisi duduk yang kurang nyaman. Mungkin sandaran terlalu tegak atau terlalu rebah. So, lakukan pengaturan kursi sebelum perjalanan dimulai.

5 Gunakan child seats bila dibutuhkan

f:id:cintamobil:20200728161059j:plain

Gunakan Car Seat agar anak lebih nyaman dan aman saat berkendara

Untuk anak-anak yang sudah besar atau bertubuh tinggi bisa menggunakan sabuk pengaman (seat belt) bawaan mobil. Tapi kalau mereka masih kecil pakai tempat duduk khusus anak (child seats) yang dikaitkan dengan ISOFIX yang ada di jok. Tempat duduk khusus anak ini dibeli di pasaran karena bukan produk bawaan pabrik.

Seatbelt tidak disarankan untuk anak kecil. Selain bukan didesain untuk mereka, potensi risikonya juga lebih besar. 

"Penggunaan seat belt yang tepat yaitu ketika anak sudah memiliki tinggi sekitar 145 cm. Atau ketika mereka sudah berusia 9 tahun,” kata Flaura Koplin Winston, MD, PhD, penulis utama dari sebuah studi bernama Partners for Child Safety, sebagaimana ditulis laman Medscape.

Aktifkan Child Safety Lock

f:id:cintamobil:20200728161229j:plain

Aktifkan Child Safety Lock sejak sebelum keberangkatan bila berkendara bersama anak

Demi keselamatan anak saat berkendara, aktifkan Child Safety Lock atau kunci pengaman anak yang terdapat pada pintu belakang. Fitur ini mencegah pintu terbuka dari dalam yang mungkin dilakukan anak secara tidak sengaja. Cara mengaktifkannya; buka pintu belakang, cari tuas kunci pengaman (biasanya terletak di dekat tepi pintu), lalu geser tuas ke posisi mengunci.

Dalam posisi ini pintu belakang hanya bisa dibuka dari luar, bukan dari dalam. Ini akan membuat keselamatan anak lebih terjaga. Jika di waktu berikutnya Anda mau menonaktifkan, lakukan langkah seperti saat mengaktifkan dan geser tuas ke posisi Unlock.

Manfaatkan rest area untuk istirahat

Demi kenyamanan anak, jangan paksakan berkendara dengan durasi lama tanpa istirahat

Anak-anak lebih mudah lelah saat berkendara jarak jauh dibanding orang dewasa, dikarenakan daya tahan tubuh mereka lebih rendah. Beristirahatlah setiap 2 jam atau 2,5 jam. Manfaatkan rest area untuk melepas kelelahan mereka maupun memenuhi panggilan alam. Di sini juga Anda bisa mencari barang yang dibutuhkan anak-anak seperti makanan dan minuman.

Sebenarnya masih ada banyak tips menjaga keselamatan anak saat berkendara jika mau diulas lebih lengkap. Namun itu tidak mungkin karena akan membuat tulisan semakin panjang dan mungkin membosankan.

>>> Pilihan Cairan Pembersih Headlamp Mobil Agar Tidak Kusam Dan Buram

>>> Tips & trik memilih, membeli mobil dengan harga murah dan berkualitas: https://cintamobil.com/tips-trik/jual-beli