Jual beli mobil bekas di Indonesia

Cintamobil com situs otomotif terbesar Indonesia, membantu Anda dalam membeli mobil baru dan bekas dengan harga termurah serta kualitas terbaik

Ini 9 Mobil Buatan Indonesia yang Sudah Dipasarkan

Indonesia bukan hanya target mengejar pasar otomotif dari banyak produsen mobil di dunia. Namun ternyata banyak juga mobil buatan Indonesia yang sudah dipasarkan, dan diminati negara lain.

Pemerintah Indonesia mendorong Agen Pemilik Merek (APM) untuk memiliki pabrik agar mobil tertentu yang dijual di pasar diproduksi di dalam negeri. Selain itu, setiap APM seharusnya tidak hanya fokus pada pemenuhan permintaan domestik, tetapi juga harus memikirkan ekspor mobil ke pasar global. APM tampaknya menanggapi dengan cepat dorongan pemerintah untuk meningkatkan ekspor.

Mungkin negara Tanah Air tidak memiliki merk mobil buatan Indonesia sendiri karena merk yang digunakan masih merk global, seperti Toyota atau Daihatsu. Namun jumlah mobil buatan Indonesia yang dijual ke pasar luar negeri sudah mencapai ratusan ribu dengan total 80 negara tujuan. Kendaraan yang diekspor pun beragam mulai dari sedan, MPV hingga SUV.

Mobil buatan Indonesia tidak hanya diekspor ke negara dengan teknologi rendah tetapi juga bisa mengekspor secara utuh (CBU) ke negara seperti Jepang. Salah satu contohnya adalah Daihatsu Gran Max yang telah diekspor ke Jepang dengan merk Toyota.

Dari segi pesaing ekspor, satu-satunya pesaing industri otomotif Indonesia di ASEAN adalah Thailand. Dengan adanya CEPA ditargetkan ekspor otomotif Indonesia bisa melewati Thailand. Saat ini, produksi Thailand lebih tinggi dari Indonesia  yakni sebesar 2,1 juta unit dengan ekspor 1,1 juta unit, sedangkan Indonesia memproduksi 1,3 juta unit dan mengekspor 346 ribu unit.

Berdasarkan jenis kendaraan, ekspor Thailand sebagian besar adalah pickup dan mobil dengan berat satu ton, dan SUV. Sedangkan ekspor terbesar Indonesia adalah MPV seperti Kijang dan kelompok mobil tujuh kursi, SUV dan hatchback.

Lalu apa saja mobil buatan Indonesia yang sudah dipasarkan? Berikut ini adalah setidaknya ada 9 mobil buatan Indonesia. Sebagian besarnya diakui oleh negara asal dari merk mobil itu sendiri untuk memenuhi kebutuhan di negara lain.

  1. Daihatsu Gran Max

Di beberapa negeri, Gran Max pakai nama Daihatsu Town Ace atau Toyota Lite Ace

Sesuatu yang cukup unik terjadi pada Daihatsu Gran Max. Sejak awalnya mobil ini dipasarkan secara global oleh Daihatsu, dan Indonesia pun menjadi target pasar mobil tersebut. Namun seiring berjalannya waktu, Gran Max yang diproduksi di pabrik Daihatsu di Indonesia justru telah diekspor ke luar negeri, termasuk untuk permintaan pasar di Jepang sendiri, tempat produksi Daihatsu. Namun untuk negara lain, mobil ini menggunakan nama Daihatsu Town Ace atau Toyota Lite Ace.

  1. Toyota Agya

Di pasar Vietnam, Toyota Agya disebut dengan nama Toyota Wigo

Toyota Agya bersama dengan Daihatsu Ayla yang di Indonesia masuk kategori LCGC (Low Cost Green Car), nyatanya juga digemari oleh negara lain. Kondisi ini membuat mobil mungil yang diproduksi di Indonesia tersebut juga dikirim ke berbagai negara lain. Contohnya, di pasar Vietnam, Toyota Agya disebut dengan nama Toyota Wigo.

  1. Toyota Avanza

Keawetan Toyota Avanza sudah terbukti secara global

Produk kolaborasi pertama Toyota dan Daihatsu ini juga sukses di negara lain. Dikembangkan di Indonesia, ternyata banyak negara yang peduli dengan keawetan Toyota Avanza. Jadi mobil buatan Indonesia juga dikirim ke luar negeri untuk dipesan, padahal setelah sampai di negara tujuan namanya bukan lagi Avanza.

  1. Toyota Fortuner

Tampilan kokoh Toyota Fortuner

Mobil bongsor ini adalah mobil hebat buatan Indonesia dari Toyota. Namun Fortuner merupakan salah satu dari sedikit mobil yang diproduksi di Indonesia yang telah dijual ke banyak negara di Asia Oceania, termasuk beberapa negara di Timur Tengah.

  1. Toyota Kijang

Kegiatan ekspor Toyota Kijang telah menyumbang banyak devisa bagi negara

Toyota Kijang merupakan salah satu mobil Toyota yang memiliki sukses besar di Indonesia maupun di negara lain. Sudah banyak negara di luar Indonesia yang merasakan ketangguhan Toyota Kijang yang dibuat oleh anak bangsa. Meski awalnya diproduksi untuk melayani kebutuhan sebagian kecil masyarakat, nyatanya hingga generasi sekarang Toyota Kijang Innova, mobil penumpang 7 kursi ini telah menyumbang banyak devisa bagi negara karena diekspor ke banyak negara.

  1. Mitsubishi Xpander

Xpander yang diproduksi di Indonesia juga diekspor ke beberapa negara di Asia

Siapa yang tidak kenal Mitsubishi MPV (Multi Purpose Vehicle) untuk 7 penumpang ini. Dengan desain yang stylish dan interior yang nyaman, Xpander kini menjadi pilihan keluarga generasi muda. Dan ternyata mobil ini adalah mobil buatan Indonesia yang diproduksi di pabrik Mitsubishi di Bekasi, Jawa Barat.

  1. Suzuki Carry

Suzuki Carry menjadi mobil yang terkenal di banyak negara Asia

Mobil legendaris lain di Indonesia yang juga diminati oleh negara lain adalah Suzuki Carry. Diproduksi di pabrik Suzuki yang berlokasi di Bekasi, Jawa Barat, Suzuki Carry telah menapakkan kaki di banyak negara di Asia bahkan hingga Timur Tengah.

  1. Suzuki Ertiga

Desain dinamis Suzuki Ertiga

Tak hanya menjadi saingan Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia di pasar dalam negeri, Suzuki Ertiga buatan Indonesia di pabrik Bekasi juga diminati konsumen di negara lain, seperti Meksiko. Tak heran jika ekspor Suzuki Indonesia Ertiga terus - menerus tumbuh.

  1. GEA

GEA adalah mobil cukup diandalkan sebagai kendaraan pedesaan

Singkatan dari Gulirkan Energi Alternatif, GEA adalah mobil buatan Indonesia yang sudah dipasarkan dari PT INKA (Industri Kereta Api) yang berpusat di Madiun. Mesinnya berkapasitas 640 cc dengan teknologi EFI, ukurannya sangat mungil tapi bisa diatur sesuai kebutuhan. Banyak sekali orang yang menggunakan GEA sebagai mobil desa buatan Indonesia.

Di atas adalah 9 mobil buatan Indonesia yang sudah dipasarkan dan mendunia. Mobil yang Anda milik apakah termasuk di dalam daftar itu?

>>> Baca juga: 

Gambar Mobil Ayla Warna Merah: Trend Modifikasi mobil Daihatsu Saat Ini

Ini Keunikan Eksterior, Interior, Serta Harga Mobil Mitsubishi Outlander Sport